Hatch Cover
EverEst™ advanced technology bearing pads (Bantalan teknologi canggih EverEst™)

EverEst™ advanced technology bearing pads
Setiap kapal yang dilengkapi dengan sistem penanganan kargo seperti penutup palka memerlukan bantalan-bantalan untuk digunakan sebagai komponen standar. Sebagai produsen penutup palka terkemuka, MacGregor menawarkan rangkaian produk EverEst™, yang mencakup empat jenis bantalan. Sistem bantalan canggih MacGregor dibuat khusus dan memiliki sejarah ketahanan yang terbukti.
Empat jenis bantalan tersedia. Opsi standar paling populer adalah OptiPad dan ElasticPad.
EverEst™ OptiPad
OptiPad adalah bantalan gesekan yang sangat rendah, terbuat dari PTFE (poly-tetrafluorethylene) dengan kain anyaman Teflon™ yang dilelehkan, menggabungkan sifat yang sangat baik seperti koefisien gesekan yang sangat rendah, tidak ada korosi elektro galvanik dan perilaku yang sangat baik di semua kondisi iklim. dalam satu kesatuan yang kokoh. Ini adalah salah satu bantalan bantalan yang disukai untuk digunakan pada semua jenis kapal.
Bantalan Elastis EverEst™
Bantalan Elastis MacGregor adalah bantalan bantalan dengan pelat karet dan baja di dalamnya. Ini telah dirancang untuk fleksibilitas tetapi tanpa geser dan karenanya tidak memiliki pelat kawin. Pad dibangun untuk membelokkan gerakan dan kemiringan lambung kapal dan sangat cocok untuk memenuhi persyaratan tutup palka lift-on/lift-off yang digunakan pada kapal kontainer ukuran besar dan sedang.
EverEst™ MediPad
Bantalan bantalan gesekan rendah MediPad terbuat dari komposit polimer yang dapat melumasi sendiri, dan sangat ideal untuk digunakan pada kapal curah di mana terdapat gaya yang relatif rendah yang bekerja pada penutup palka. MediPads telah digunakan di kapal kargo selama lebih dari 20 tahun.
Pad Dasar EverEst™
Bantalan BasicPad terdiri dari pelat aus hardox/weldox. Bantalan serba guna yang sederhana ini dapat digunakan pada berbagai jenis kapal dan memiliki sejarah masa pakai yang lama di atas kapal dalam jumlah besar.
Sistem Kontrol Penutup Palka (Hatch Cover Control Systems)

Kondisi pengoperasian yang keras di dek menentukan bahwa MacGregor hanya menggunakan komponen sistem kontrol hidrolik dan elektronik berkualitas tinggi, dirancang khusus, andal dari pemasok terpilih.
Kontrol penutup palka untuk sistem hidrolik
Motor
Motor hidrolik kecepatan lambat
Jenis motor ini digunakan untuk penutup palka side-rolling tipe rack-and-pinion dan untuk penutup palka side-rolling panel tunggal besar yang digerakkan rantai. Desain menanggapi tantangan lingkungan laut dengan memiliki permukaan halus tanpa alur atau ceruk. Ini memungkinkan air mengalir dengan mudah dari motor dan mencegah karat. MacGregor menggunakan motor hidraulik kecepatan lambat dengan katup penahan beban terintegrasi yang memberikan keselamatan operasional dengan menahan beban pada posisinya saat sistem hidraulik tidak beroperasi. Selama operasi, katup meningkatkan kontrol gerak dengan menyesuaikan secara terus-menerus terhadap pergantian kondisi beban apa pun.
Motor hidrolik kecepatan sedang
Motor kecepatan sedang dengan roda gigi planet digunakan untuk panel penggulung samping yang digerakkan rantai. Mereka adalah solusi hemat biaya tanpa mengorbankan kemampuan untuk menahan kondisi laut.
Silinder
Komponen hidrolik yang sangat rentan terhadap pelapukan termasuk batang piston silinder yang dapat menimbulkan korosi dan bantalan yang dapat macet. MacGregor telah mengatasi korosi batang piston melalui penggunaan batang baja tahan karat (silinder kerja tunggal) atau selongsong baja tahan karat di atas batang (untuk silinder kerja ganda di mana bagian batang piston tetap terbuka dalam posisi ditarik). Untuk silinder besar, segel atas dan cincin penghapus digunakan. Untuk perlindungan tambahan pada permukaan batang piston, ruang antara segel atas dan cincin penghapus dilengkapi dengan nipel gemuk. Penutup silinder dibaut ke badan silinder, sehingga mudah dibongkar untuk perawatan. Perunggu, bantalan bulat di kedua ujung silinder MacGregor secara dramatis memperpanjang masa pakai bantalan dan pin dibandingkan dengan desain lainnya.
Katup Pengontrol
Grup katup mengontrol berbagai operasi penutup palka. Kontrol kecepatan pengoperasian yang baik sangat penting untuk pergerakan yang aman dari penutup palka lipat yang dapat disimpan tinggi. Hal ini sangat penting ketika penutup palka mendekati posisi terbuka, di mana geometri yang terus berubah menentukan bahwa kecepatan meningkat secara alami. Kontrol kecepatan yang efektif juga penting untuk penutup palka yang menggelinding ke samping. MacGregor telah memberikan perhatian khusus pada masalah ini dan telah mengembangkan grup katup termodulasi khusus untuk setiap jenis tutup palka.
Grup katup yang dioperasikan secara manual bersifat modular, dengan katup kontrol aliran dan tekanan tipe kartrid. Hal ini mengurangi biaya perawatan dan memastikan suku cadang dapat diganti dengan cepat karena tersedia dalam stok. ‘Desain blok’ dari katup kontrol memiliki lebih sedikit komponen dan sambungan terpisah dibandingkan dengan konfigurasi katup tradisional dan karenanya mengurangi kemungkinan kebocoran dan kerusakan korosi. Katup memiliki fitur kontrol aliran yang unggul, yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga langkahnya panjang dan tingkat kontrolnya membuat sudut besar pada tahap pembukaan/penutupan, sehingga gerakan tuas yang besar menghasilkan perubahan kontrol yang halus dan kecil. Hal ini memudahkan untuk mengontrol kecepatan motor dan penutup pada tahap kritis. Grup katup dipasang di dalam kotak pelindung, dengan koneksi untuk pengukur tekanan untuk pengaturan sistem.
Unit pompa
Unit pompa hidrolik dirancang khusus untuk berfungsi di lingkungan laut. Mereka menghadirkan fungsi pemanasan dan pendinginan oli dan memiliki ukuran tangki yang dioptimalkan. Dimensi unit pompa seringkali menjadi faktor penentu saat merancang pengaturan penyimpanan geladak. MacGregor memahami kebutuhan untuk meminimalkan penggunaan ruang dan telah merancang rangkaian unit pompa yang ringkas.
Sistem hidraulik yang rumit memerlukan pengujian pembilasan dan tekanan yang tepat
Untuk mendapatkan sistem hidrolik yang bebas masalah, perhatian khusus perlu diberikan pada pembilasan sistem dan pengujian tekanan. Pembilasan sistem secara hati-hati sebelum memulai akan secara signifikan mengurangi malfungsi dan memperpanjang masa pakainya. MacGregor dapat menyiram sistem untuk operator. Ini mengurangi tekanan waktu selama fase komisioning dan memastikan bahwa peralatan yang paling andal dan praktik kerja terbaik digunakan.
Pembilasan membutuhkan peralatan khusus. MacGregor memiliki peralatan ini sehingga galangan kapal dapat menghemat investasi ini dengan menggunakan jasa pembilasan MacGregor. Sampel harus diambil saat fluida dilewatkan melalui pipa kerja. Ini adalah proses dinamis yang konstan di mana dimungkinkan untuk melihat hasil kontaminasi pertama kali naik dan kemudian turun saat puing-puing disaring. Mengambil satu sampel dari setiap saluran tidak secara akurat mewakili tingkat kontaminasi dari total volume oli karena mengasumsikan bahwa setiap kontaminasi terdistribusi secara merata dalam pekerjaan pipa, yang hampir tidak pernah terjadi. Menggunakan cairan pembilas terpisah, membersihkan pipa kerja, kemudian menggunakan oli drum untuk mengisi sistem merupakan prosedur yang kemungkinan dapat menyebabkan kontaminasi karena oli drum kurang bersih dan harus diisi melalui filter.
Kontrol jarak jauh dan nirkabel dari sistem kontrol hidrolik
Kontrol jarak jauh unit daya hidraulik memungkinkan operator untuk memulai/menghentikan pompa daya hidraulik dari jarak jauh. Fitur ini mengurangi waktu idle dan menggunakan energi lebih efisien. Selanjutnya, sistem hidrolik diberi tekanan hanya jika diperlukan, yang juga mengurangi keausan komponen mekanis. Unit ini memiliki tombol berhenti darurat, start/stop unit pompa hidrolik, dan indikasi pengoperasian.
Visibilitas yang lebih baik meningkatkan keamanan dan efisiensi
Remote control nirkabel unit daya hidrolik memberikan manfaat yang sama dengan sistem remote control, namun memberikan lebih banyak kebebasan bagi operator. Sistem ini lebih mudah dioperasikan daripada sistem kontrol tradisional. Semua fungsi dapat dikontrol oleh satu pengontrol.
Sistem nirkabel memiliki beberapa fitur berikut:
- Pilihan penutup palka: semua penutup palka dapat dioperasikan dengan pengontrol yang sama
- Joystick proporsional 1-4 buah : joystick individu untuk setiap pengoperasian (engsel ujung, engkol lonceng, pengangkat roda)
- Tombol berhenti darurat: segera menghentikan unit pompa hidrolik
- Tombol start/stop pompa hidrolik dan indikasi pengoperasian
- Sambungan kabel: sistem cadangan untuk sambungan radio
Kontrol penutup palka untuk sistem penggerak listrik
Secara tradisional, penutup palka side-rolling bulk carrier besar menggunakan dua jenis penggerak untuk operasi pembukaan/penutupan: penggerak rantai atau rak-dan-pinion. Untuk kedua opsi, ada dua cara mengangkat panel ke posisi di mana panel dapat dibuka atau ditutup: pengangkat pot (yang juga dapat digambarkan sebagai dongkrak hidrolik, atau pengangkat roda), atau pengangkat ‘Roll-up-Roll’ , yang memungkinkan pembersihan otomatis diadopsi.
MacGregor juga menawarkan alternatif yang inovatif, ekonomis, hemat energi, MacRack. MacRack adalah sistem penggerak elektrik yang menyatukan operasi pengangkatan dan penggerak ini sehingga membuat pengangkat penutup palka terpisah menjadi usang. Hal ini mengurangi pekerjaan pemeliharaan bagi pemilik kapal dan pekerjaan pemasangan galangan kapal juga lebih sederhana karena lebih sedikit komponen yang perlu dipasang di coaming.
Fitur penting lainnya adalah aktuator dipasang di sisi palka saja, yang memastikan bahwa unit penggerak terlindungi dengan baik dari tumpahan kargo selama pemuatan dan pengosongan.
Panel disimpan dalam posisi tertutup dengan kunci otomatis (dengan pelepasan manual). Untuk penghentian perantara, panel dipegang oleh rem bawaan pada motor. Selama prosedur pembukaan/penutupan, gerigi otomatis diaktifkan.
Keandalan sistem ini telah menjadi fokus utama, dengan redundansi dimasukkan ke dalam desain sistem kontrol. Misalnya, jika salah satu PLC dek rusak, panel dapat digerakkan langsung dari panel operasi penggerak frekuensi variabel (VFD). Dimungkinkan juga untuk menghubungkan motor secara manual di antara VFD. Selain itu, jika muncul masalah dalam kontrol posisi, sistem beralih ke ‘mode keamanan’, yang memungkinkan panel digerakkan, tetapi hanya pada kecepatan rendah. Jika tenaga listrik tidak bias digunakan, panel dapat dioperasikan dengan peralatan darurat yang sama yang biasanya digunakan di semua sistem penutup palka MacGregor.
Penggerak listrik menawarkan banyak keuntungan bagi pemilik kapal dan pembuat kapal dibandingkan dengan versi hidrolik. Keuntungan utamanya adalah kebocoran oli hidraulik dihilangkan, tidak perlu memasang pipa hidraulik di kapal, penggerak elektrik mudah dirawat, dan menawarkan penghematan energi. Juga relatif mudah untuk memantau kondisi penggerak listrik melalui penggunaan semua komponen listrik.
MacRack menggabungkan sejumlah inovasi mekanik dan elektrik
- sistem penggerak dan angkat digabungkan
- pembersihan otomatis (seperti dalam Roll-up-Roll)
- pengangkatan awal praktis lurus ke atas memungkinkan penggunaan segel standar di sekeliling panel penutup palka
- motor dan dudukannya dilepas dari panel saat penutup palka ditutup di laut, memungkinkan pergerakan relatif bebas antara lambung kapal dan penutup palka
- konfigurasi modular berarti pemasangan dan perbaikan dapat dilakukan secara mandiri dan penggantiannya mudah
- penguncian otomatis saat ditutup, tetapi dengan pelepasan manual
- antarmuka standar yang mempercepat proses desain kapal
Penutup Palka Guling Samping (Side-Rolling Hatch Covers)

Penutup Palka Guling Samping (Side-Rolling Hatch Covers)
Seperti setiap penutup palka, penutup guling samping MacGregor dirancang untuk melindungi kapal dan kargo dari masuknya air ke dalam ruang kargo. Mereka memastikan keamanan awak dan kapal dan terkenal dengan kualitas, efisiensi, dan keandalannya.
Penutup palka guling samping MacGregor populer untuk digunakan di geladak cuaca kapal curah yang lebih besar seperti jenis kapal Panamax dan Capesize. Untuk pembawa minyak curah bijih atau ore bulk oil carriers (OBO) dan pembawa minyak bijih atauore oil (OO), penutup palka dirancang untuk menahan muatan cairan internal. Mereka digunakan kapan pun ruang geladak memungkinkan, ketika tidak ada ruang seperti itu, penutup palka tipe lipat digunakan.
Penutup palka yang dapat diputar ke samping dengan arah melintang. Untuk open hatch bulk carriers (OHBCs), rolling cover tipe piggy-back lebih disukai jika dek memungkinkan sedikit atau tidak ada ruang kosong untuk menyimpan penutup saat palka terbuka.
Penutup guling samping tradisional terdiri dari dua panel per palka, masing-masing panel menggelinding ke samping pada sepasang landai melintang. Hal ini meminimalkan hambatan yang harus diperhatikan oleh derek pantai atau operator alat bongkar/muat lainnya saat bongkar muat. Penutup palka guling samping kami dapat memiliki berbagai sistem penggerak yang berbeda. Dua opsi utama adalah rack-and-pinion atau chain-drive.
Variabel utama dalam desain side-rolling hatch cover adalah sistem penggerak, sistem pengangkatan dan sistem gerigi, yang biasanya bergantung pada sistem pengangkatan yang ditentukan – Roll-up-Roll (dengan gerigi otomatis) atau pengangkat roda (dengan gerigi manual) .
Fitur utama
- Untuk solusi panel tunggal dan ganda; tergantung pada ruang dek yang tersedia, VLOC hadir dengan satu panel.
- Operasi pengangkatan dengan penggerak hidrolik atau elektrik
- Jenis rak-dan-pinion atau penggerak rantai
- Sistem pembersihan manual atau otomatis
- Bantalan bantalan untuk kemudahan pemasangan dan meminimalkan gesekan dan keausan
- Solusi penyegelan yang andal untuk mencocokkan deformasi lambung kapal
- Perlengkapan yang dapat disesuaikan (untuk mengkompensasi keausan)
- Komponen berkualitas tinggi untuk masa pakai yang lama
- Desain standar dan suku cadang yang telah teruji dengan baik
Penutup Palka Lipat (Folding hatch covers)

Folding Hatch Cover
Dengan dorongan saat ini untuk praktik penanganan kargo yang lebih efisien di pelabuhan, kapal kargo kering modern cenderung memiliki bukaan palka yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran area geladak kapal. Artinya, ruang penyimpanan yang tersedia untuk penutup palka semakin sedikit, yang membuat penutup palka lipat ringkas kami semakin populer.

Tutup palka lipat untuk kargo umum / kapal serbaguna
Penting bagi semua kapal kargo bahwa dek cuaca dan tata letak ruang kargo dirancang dengan mempertimbangkan tingkat efisiensi penanganan kargo setinggi mungkin. Ini memungkinkan pemuatan yang cepat dan aman. MacGregor memastikan bahwa pengaturan penutup palka, segel, bantalan pendukung, dan pencari lokasi di kapal Anda dioptimalkan untuk memberikan kekedapan cuaca tanpa kompromi untuk melindungi kargo dan memastikan keamanan.
Penggunaan ruang kargo yang efisien sangat penting untuk kapal kargo umum. Penutup palka lipat dirancang untuk membawa berbagai kargo geladak dan membentuk area kargo fungsional untuk memfasilitasi operasi kargo yang fleksibel. Dalam posisi terbuka mereka menyediakan akses ke palka untuk memuat dan mengeluarkan kargo dan dalam posisi tertutup mereka menutup palka dengan cara yang kedap cuaca. Penutup palka lipat Tweendeck juga tersedia.
Penutup lipat hidrolik MacGregor terdiri dari dua (atau lebih) panel, yang dihubungkan dengan engsel untuk membentuk sepasang lipat. Dalam banyak kasus, penutup palka terdiri dari dua pasang lipat. Satu pasang disimpan di ujung belakang palka dan yang lainnya di depan.
Pasangan lipat dioperasikan oleh silinder hidrolik yang bekerja langsung pada lengan engsel ujung, yang dihubungkan pada bangku di geladak. Saat silinder mendorong panel ujung ke atas dari posisi tertutup, lipatan penutup dan panel kedua, dilengkapi dengan roda, berguling di atas rel ke posisi penyimpanan. Panel biasanya diamankan dalam posisi terbuka dengan perangkat pengunci semi-otomatis yang berinteraksi dengan lengan roda.
Ukuran yang cocok untuk semua
Jika ukuran kargo yang direncanakan di atas kapal Anda memerlukan palka yang lebih panjang, kami dapat merancang pilihan panel multi-lipat yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan ini. Jumlah panel lipat yang membentuk unit yang berfungsi bisa dua, tiga, empat atau enam. Dengan menggabungkan dua unit (menyimpan ke depan dan belakang) jumlah panel lipat bisa sampai 12. Panel dihubungkan dengan engsel untuk membentuk pasangan panel. Pasangan yang terhubung ke ujung engsel disebut pasangan terdepan. Pasangan panel tambahan disebut pasangan trailing. Mereka dihubungkan oleh engsel perantara ke pasangan terdepan untuk membentuk satu unit.
Pasangan terdepan paling sering dioperasikan sebagai penutup lipat, yaitu dengan silinder hidrolik yang bekerja langsung pada lengan engsel ujung. Pasangan trailing sering dioperasikan oleh lengan engkol hidrolik. Ini adalah lengan yang panjang dan kuat, terhubung secara pivot di luar lapisan longitudinal. Mereka berinteraksi dengan masing-masing roda pada panel pertama dari pasangan trailing, saat didorong oleh silinder hidrolik. Di unit enam panel terdapat dua set lengan engkol lonceng. Dengan palka yang sangat lebar di kapal yang sempit, lengan engkol lonceng pertama dapat dipasang ke dalam palka di bawah pasangan terdepan.
Panjang susunan penutup palka juga dapat ditingkatkan dengan memasukkan panel rol di antara pasangan pelipat. Mereka dapat ditarik dengan penutup lipat dan karenanya membuka bagian palka yang diinginkan untuk menangani kargo. Mereka juga dapat dirancang untuk diangkat ke darat dengan crane kontainer.
Penutup palka lipat untuk kapal curah
Penutup palka lipat digunakan pada kapal curah Handysize dan Handymax, di mana sangat penting untuk memaksimalkan dimensi palka sehubungan dengan balok kapal. Teknologi tutup palka lipat MacGregor yang andal dan terbukti memungkinkan operasi penanganan kargo yang efisien dan aman. Ini sangat penting di port jarak jauh, di mana layanan pemeliharaan mungkin tidak tersedia dalam waktu singkat.
Penutup lipat hidrolik MacGregor terdiri dari dua (atau lebih) panel, yang dihubungkan dengan engsel untuk membentuk sepasang lipat. Dalam banyak kasus, penutup palka terdiri dari dua pasang lipat. Satu pasang disimpan di ujung belakang palka dan yang lainnya di depan.
Pasangan lipat dioperasikan oleh silinder hidrolik yang bekerja langsung pada lengan engsel ujung, yang dihubungkan pada bangku di geladak. Saat silinder mendorong panel ujung ke atas dari posisi tertutup, penutup terlipat dan panel kedua, yang dilengkapi dengan roda, berguling di atas rel ke posisi penyimpanan. Panel biasanya diamankan dalam posisi terbuka dengan perangkat pengunci semi-otomatis yang berinteraksi dengan lengan roda.
MacGregor merekomendasikan desain panel kulit ganda untuk penutup palka lipat, yang memberikan permukaan bawah yang halus, sehingga mudah untuk membersihkan kulit bagian dalam yang menghadap ke bawah ke arah ruang kargo. Hal ini mempercepat proses pembersihan antar kargo dan memungkinkan perputaran pelabuhan yang lebih singkat. Konstruksi satu kulit cenderung mengumpulkan residu kargo, yang meningkatkan pekerjaan pembersihan.
Dimensi mesin geladak lainnya, misalnya derek, harus diperhitungkan dengan hati-hati saat merancang susunan penutup palka dan penyimpanannya. Penutup palka MacGregor, bila dirancang dengan kombinasi derek MacGregor, memastikan pengaturan dek yang berfungsi dengan baik dan sangat efisien yang mengoptimalkan aliran kargo kering.

Cara Kerja SIstem Penutup Palka Guling Samping
Transmisi Beban Penutup Palka (Hatch Cover Load Transmission)

Bantalan bantalan yang aus atau salah membahayakan keselamatan kapal. Pengalaman puluhan tahun dan pengembangan berkelanjutan berarti bahwa MacGregor mampu menawarkan berbagai opsi bantalan bantalan yang dirancang untuk memastikan keamanan dan memenuhi setiap ukuran kapal dan kebutuhan operasional.
Bantalan bantalan penutup palka mungkin kecil, tetapi memainkan peran besar dalam kinerja struktural. Mereka memindahkan berat penutup, dan muatan apa pun yang mungkin dibawanya, ke lambung kapal sambil memungkinkan pergerakan relatif antara penutup dan coaming palka yang disebabkan oleh pelenturan lambung di jalur laut. Mereka juga harus menjaga kompresi yang benar pada segel penutup palka dan menghindari kerusakan pada antarmuka coaming/penutup palka.
Saat bantalan bantalan mentransfer berat, gaya lateral dihasilkan dan kemudian diteruskan ke struktur coaming dan penutup palka kapal. Gaya-gaya ini digunakan dalam analisis kekuatan lelah pada tahap pembangunan baru, dan selanjutnya, struktur dirancang menurut perhitungan ini.
Kami tahu bahwa untuk mendapatkan batas keselamatan yang diperlukan dan untuk menjamin masa pakai operasional yang bebas masalah, sistem penutup palka harus dirawat seperti yang diinstruksikan, dan komponen suku cadang penting, seperti bantalan bantalan penutup palka, harus dari desain aslinya. Hal ini karena dapat terjadi variasi yang besar dalam sifat geser dan keausan dari bahan bantalan yang berbeda, termasuk semua komposit dan desain.
Bantalan bantalan MacGregor dibuat dengan standar kualitas tertinggi dan dengan sempurna memenuhi persyaratan sistem penutup palka kapal, memastikan integritas strukturalnya.
Steelpad dan Fixpad
Bantalan bantalan baja biasanya dirancang untuk digunakan pada kapal kontainer kurang dari 1.000 TEU dan kapal kargo umum kecil dan kapal curah. Data yang berkaitan dengan tekanan permukaan maksimum dan perbedaan kekerasan antara dua permukaan baja harus diperhitungkan.
Lubripad, Polypad, Unipad dan Flexipad
Untuk kapal yang lebih besar, terutama kapal peti kemas, di mana tuntutan yang lebih besar dikenakan pada bantalan bantalan dan ada peningkatan gerakan relatif dan muatan yang berpotensi berlebihan, pengaturan berdasarkan bantalan geser yang dapat diganti dengan gesekan rendah (Lubripad, Polypad atau Unipad) atau bantalan fleksibel non-geser bantalan yang dapat diganti (Flexipad) sangat penting.
Solusi penyegelan penutup palka (Hatch cover sealing solutions)

Solusi penyegelan MacGregor memastikan kekencangan cuaca yang lengkap dan fungsi segel yang efektif selama masa pakai yang lama. Mereka dirancang untuk memberikan perlindungan terbaik untuk kargo dan kapal dan mengurangi kebutuhan pemeliharaan seminimal mungkin – sehingga mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan. Iklim, jenis kargo, dan kebutuhan pelanggan yang beragam menentukan kriteria untuk memilih solusi penyegelan yang tepat.
Jajaran produk seal dan sistem seal asli kami yang lengkap mencakup semuanya, mulai dari sponge tradisional dan seal karet padat hingga solusi seal panel-joint canggih yang menawarkan berbagai kemampuan pengoperasian dan penanganan kargo yang fleksibel. Kinerja segel tidak hanya ditentukan oleh sifat mekanik dan kimia bahan karet, tetapi juga oleh geometri profil segel. Kinematika dan pergerakan panel penutup palka di jalur laut dan saat beroperasi juga harus diperhitungkan.
Kami menawarkan segel dan solusi penyegelan yang teruji dan terbukti yang berarti operasi bebas masalah dan penanganan kargo yang aman untuk semua jenis kapal. Kami dapat membantu Anda menemukan solusi penyegelan yang paling cocok untuk kapal Anda.
Pentingnya mendapatkan segel yang baik
Sistem penyegelan penutup palka yang baik melindungi kargo dan menjamin keselamatan kapal dengan:
- Membiarkan defleksi lambung, coaming, dan tutup palka di laut dan pada saat yang sama mempertahankan penyegelan yang efektif dalam semua situasi
- Mencegah masuknya air dengan penyegelan kedap cuaca antara penutup palka dan coaming, dan pada sambungan panel penutup palka
- Menjaga kargo tetap kering dan gas lembam di dalam palka
- Menyimpan air ballast di dalam palka.
Kekuatan penyegelan yang sesuai merupakan prasyarat agar pengaturan penyegelan berfungsi dengan benar. Hal ini tidak dapat dicapai hanya dengan penyegelan saja karena seluruh pengaturan coaming harus bekerja dengan baik pada waktu yang bersamaan. Hal yang paling penting untuk kekencangan penutup adalah bahwa posisi lawan, dalam hubungannya dengan segel, adalah benar. Bantalan pendukung, pengekangan, dan pencari lokasi harus diatur secara optimal. Perubahan pada salah satu bagian susunan dapat menyebabkan perubahan pada komponen lainnya. MacGregor melihat sistem secara keseluruhan dan tahu bagaimana menyeimbangkan semua bagiannya.
Solusi penyegelan MacGregor terdiri dari: FlexSeal, Profil Cat, Gasket C, Omega, Omega Lite, dan Spons.
Penutup palka putar hidrolik (Hydraulic pivoting hatch covers)

Penutup palka putar memanfaatkan ruang geladak yang tersedia secara paling efisien. Mereka terutama digunakan ketika beberapa panel tidak diperlukan, atau ketika pengaturan dek dikonfigurasikan untuk memiliki ruang penyimpanan vertikal yang pendek.
Tutup palka putar besar digunakan di kapal kontainer pengumpan. Penutup palka putar kecil sangat berguna untuk menutupi bukaan palka kecil, seperti toko grommet, yang digunakan untuk menyimpan sling kawat dan alat pengangkat kargo lainnya yang digunakan pada kapal kargo umum. Biasanya ini adalah ruang penyimpanan yang dalam dengan bukaan kecil.
Karena posisi penyimpanan vertikal penutup palka putar, dimensi mesin geladak lainnya, misalnya derek, harus diperhitungkan dengan hati-hati saat merancang susunan penutup palka putar.
Ukuran bukaan palka dan ruang yang tersedia untuk penyimpanan panel adalah kriteria utama untuk memilih penutup palka berputar. Panjang maksimum penutup palka berputar adalah 45 kaki. Pengaturan bukaan palka dapat dikonfigurasi untuk memenuhi kebutuhan palka khusus sebagai berikut: penutup palka putar tunggal (1+0); dua penutup palka berputar saling berhadapan (1+1); atau satu penutup palka putar yang digunakan bersama dengan penutup palka jenis lain (1+n).
Seperti pada penutup palka lipat, penutup palka putar dioperasikan oleh silinder hidrolik.
Penutup palka yang dapat diangkat (Lift-away hatch covers)

Tutup palka angkat untuk kapal kargo umum
Penutup palka MacGregor memungkinkan kapal kargo umum Anda membawa berbagai kargo geladak dan membentuk area kargo fungsional untuk memfasilitasi operasi penanganan kargo yang fleksibel. Ketika dalam posisi terbuka mereka menyediakan akses ke palka untuk memuat dan mengeluarkan kargo dan ketika ditutup mereka menutup palka dengan cara yang kedap cuaca.
MacGregor menawarkan panel tunggal dan multi-panel
penutup palka yang dapat diangkat. Penutup multi-panel terdiri dari beberapa panel terpisah untuk setiap bukaan palka. Mereka umumnya digunakan untuk kapal kargo multi guna yang membawa kargo berat dan biasanya memiliki sambungan melintang.
Penutup palka lift-jauh Tweendeck dirancang untuk ruang kargo dan dioperasikan oleh derek berbasis kapal atau pantai. Tujuannya adalah untuk membawa berbagai kargo dan membagi area kargo menjadi kompartemen yang mendukung operasi kargo yang fleksibel. Mereka dapat digunakan untuk memisahkan kargo dan pemanfaatannya yang efisien dapat meningkatkan asupan kargo kapal. Penutup palka lift-jauh Tweendeck didukung oleh konsol yang dapat dilepas atau dilipat dan dapat dirancang untuk ditempatkan di beberapa posisi ketinggian atau juga berfungsi sebagai sekat.
Angkat tutup palka untuk kapal kontainer
Penutup palka angkat MacGregor di kapal kontainer memungkinkan kapal Anda membawa kargo geladak, membagi tumpukan kontainer antara palka dan geladak, serta untuk mencegah masuknya air ke dalam palka kargo. Bergantung pada lebar kapal kontainer, satu hingga lima panel menutupi setiap bukaan palka.
Berat satu panel bisa mencapai 45 ton. Panel angkat ditangani dengan penyebar menggunakan derek kontainer sisi pantai atau derek kapal itu sendiri. Panel dapat ditumpuk bersama di dermaga dan/atau di geladak kapal.
Penutup palka MacGregor dapat dilengkapi dengan perlengkapan khusus, sesuai kebutuhan: misalnya, dengan soket penopang untuk memuat kayu, perlengkapan peti kemas, palka pakan semen/biji-bijian, dan palka ventilasi atau pengaturan semprotan air untuk muatan berbahaya.
MacRack

MacRack, sistem penggerak elektrik yang menggabungkan operasi penggerak dan pengangkatan untuk penutup palka guling samping, menawarkan keuntungan ekonomis dan operasional di semua tahap umur kapal.
MacRack menggunakan sistem penggerak rak dan pinion gabungan dan sistem pengangkat yang membuat pengangkat penutup palka terpisah menjadi usang. Operasi listrik menghilangkan kebutuhan untuk pipa hidrolik dan komponen lainnya.
Pengoperasian yang aman dan mudah
Saat membuka penutup palka, gaya angkat yang dibutuhkan dicapai oleh mekanisme tuas MacRack, yang mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan vertikal. Saat menutup, mekanisme menurunkan penutup dan mendorongnya bersama-sama untuk mencapai kompresi yang benar dari segel penutup palka. Hal ini memastikan kedap cuaca yang sangat penting untuk perlindungan kargo curah.
Unit operasi portabel memungkinkan operator bergerak bebas di sekitar coaming untuk mengamati dan mengontrol operasi dari mana pun yang paling nyaman.
Kondisi Di laut
Mekanisme pengoperasian MacRack terlepas dari panel saat kapal berada di laut, memungkinkan pergerakan relatif bebas antara lambung kapal dan penutup palka. Hal ini penting untuk menghindari tekanan struktural, yang memungkinkan air menembus ruang kargo.
Kemudahan instalasi
Konfigurasi modular MacRack memungkinkan prosedur pemasangan standar. Untuk galangan kapal, ini berarti mempercepat proses pemasangan. Segel horizontal standar dapat digunakan untuk seluruh perimeter, karena pengangkatan awal praktis lurus ke atas.
Kemudahan perawatan
Sifat dari industri pelayaran curah menentukan bahwa potensi downtime pada peralatan penanganan kargo harus dikurangi seminimal mungkin. Oleh karena itu meyakinkan untuk mengetahui bahwa komponen MacRack dapat dipertukarkan dan suku cadang dapat diganti dengan cepat, bahkan di papan atau jika perlu, seluruh unit dapat diubah selama satu panggilan port.
Penutup palka piggy-back

Piggy-Back Hatch Cover
Penutup palka piggy-back MacGregor adalah solusi ideal saat ruang geladak sempit. Mereka menawarkan desain yang kompak dan efisien dan digunakan ketika tidak memungkinkan untuk mengakomodasi penutup lipat, guling samping atau guling ujung.
Sistem piggy-back selalu terdiri dari dua panel, dengan satu panel dinaikkan cukup tinggi untuk yang lain menggelinding di bawahnya dan menopang panel yang diangkat ke ‘punggungnya’. Kedua panel kemudian dapat digulung bolak-balik.
Sistem dapat diterapkan pada sepasang bukaan palka atau pada dua panel dari satu bukaan palka. Jika jumlah panel melebihi dua, sistem ini disebut ‘susun’.
Pengangkat tinggi
Sistem pengangkat tinggi standar terdiri dari empat silinder hidrolik. Sinkronisasi silinder yang andal dicapai melalui sistem katup kontrol distribusi aliran.
Untuk sistem susun, diperlukan pengangkat tinggi yang dirancang khusus. Pengangkat ini dilengkapi dengan kepala otomatis, yang selalu diposisikan ulang dengan benar untuk operasi selanjutnya. Satu-satunya fungsi manual yang diperlukan adalah memilih membangun atau membongkar tumpukan.
Pengendali
Penggerak yang paling umum digunakan untuk penutup piggy-back adalah penggerak rantai, dalam kebanyakan kasus diatur hanya pada satu sisi. Dalam kasus khusus dan tergantung pada pengaturannya, drive rack-and-pinion dapat digunakan. Untuk panel yang sangat berat, terutama pada pengangkut curah palka terbuka, sistem penggerak traksi internal telah dikembangkan. Setiap roda terhubung ke motor listrik / sistem gearbox memberikan gerakan yang sangat fleksibel dan halus.
Penutup palka susun (Stacking hatch covers)

Stacking hatch covers
Untuk kapal yang membutuhkan sistem penutup palka yang relatif kecil dan sederhana, penutup palka susun untuk geladak cuaca adalah pilihan yang baik. Mereka biasanya semua hidrolik dalam operasi dan panel bergerak ke posisi penyimpanan atau penutupan dalam urutan tertentu.
Satu set akan terdiri dari beberapa panel – masing-masing dilengkapi dengan perangkat penarik yang dapat dihubungkan untuk memindahkan panel ke dan dari posisi susun dengan mekanisme penggerak rantai yang berkelanjutan.
Sistem tutup palka susun yang digerakkan rantai menggunakan prinsip pengangkatan yang sama dengan sistem piggy-back MacGregor
Penutup palka Tweendeck dan sekat yang dapat dipindahkan (Tweendeck hatch covers and movable bulkhead)

Penggunaan ruang kargo yang efisien sangat penting, terutama saat membawa kargo non-standar. Penutup palka Tweendeck memungkinkan untuk meningkatkan efisiensi pengangkutan kargo untuk kargo yang tidak dapat ditumpuk.
Panel Lipat Ttweendeck

Panel lipat dan lipat ganda di ruang kargo dioperasikan secara hidrolik dan tersedia dalam berbagai pengaturan, misalnya dua panel dilipat ke belakang, empat panel dilipat ke depan.
Panel tweendeck yang dapat diangkat

Panel penutup palka lift-jauh Tweendeck dapat diangkat dengan kapal atau derek berbasis pantai. Mereka didukung oleh konsol yang dapat dilepas dan/atau dilipat dan dapat ditempatkan pada beberapa posisi ketinggian tergantung pada desain ruang kargo. Mereka juga dapat ditempatkan dalam posisi sekat untuk memisahkan kargo. Saat tidak digunakan, mereka dapat ditumpuk di palka atau di dek cuaca.
Panel penutup palka lift-jauh Tweendeck dapat dirancang untuk bertindak sebagai sekat dan digunakan untuk memisahkan kargo.
Sekat bergerak biasanya dioperasikan dengan menghubungkannya ke penutup palka lipat geladak cuaca, atau dengan derek kapal atau pantai. Sekat dikunci pada posisinya baik dengan pin yang dioperasikan secara manual atau hidrolik. Mereka dapat ditempatkan di beberapa lokasi tergantung pada desain ruang kargo.
MacGregor Hatch Cover

MacGregor_Cell guide systems on deck and in the hold

MacGregor_Container deck stanchions

MacGregor_Folding hatch covers

MacGregor_Hatch cover control systems

MacGregor_Hatch cover load transmission

MacGregor_Hatch cover sealing solutions

MacGregor_Hatches – operated

MacGregor_Hydraulic pivoting hatch covers

MacGregor_Lashing bridges

MacGregor_Piggy-back hatch covers

MacGregor_Tweendeck hatch covers and movable bulkhead